Senin, 07 Januari 2008

Treatment melatih Balita buang air kecil

Mengompol pada anak usia dibawah 5 tahun, menurut beberapa artikel yang saya baca masih dianggap normal. Tetapi membiarkan anak tetap mengompol pada usia dibawah 5 tahun akan berakibat Fatal!!
Saat anak Anda menyadari bahwa kebiasannya mengompol adalah sesuatu yang negatif atau dianggap kurang baik sementara dia tidak sanggup untuk menghentikan kebiasaan tersebut ditambah tekanan lingkungan sekitar yang terang-terangan mempermalukan dirinya akan membuat anak Anda stress!! Keadaan ini akan semakin sulit untuk mengubah kebiasaannya mengompol.
Sikap yang paling baik adalah mendukungnya untuk belajar menghentikan kebiasaan mengompol tanpa adanya paksaan dan yang terpenting tidak mempermalukannya didepan orang lain.
Nah, mengajari anak untuk membiasakan buang air kecil sedari dini adalah tindakan yang paling bijaksana.
Bagaimana caranya?
  • Pertama catat kebiasaan bayi anda mengompol ( Misalnya, setelah 2 jam dia menyusu atau setiap malam jam 11.00 atau setiap pagi jam 04.00 dll)
  • Kemudian atur sedikian rupa agar anak Anda pada jam-jam sebelum dia buang air kecil Anda sudah persiapkan semuanya, misalnya pada bayi usia 0-3 bulan lepaskan celananya dan pasang popok dan alas agar kasur tidak basah, pancing dengan mengelus-elus perut bagian bawah dan biarkan dia buang air kecil pada alas tidurnya.
  • Pada saat usia bayi bertambah (sudah bisa berdiri atau berjalan) bangunkan atau ajak dia ke kamar mandi untuk sekedar buang air kecil apabila dia tidak nyaman dn menangis tunggu sejenak sampai dia buang air kecil. Jangan paksakan apabila dia memang tidak ingin buang air kecil.
  • Apabila anda bekerja ajarkan kepada pengasuh agar mengikuti yang anda lakukan.
Nah mudah bukan? Apabila Anda melatihnya dengan tekun dan sabar pasti berhasil.
Cara tersebut diatas sudah dilakukan oleh orang tua jaman dulu, namun sekarang begitu maraknya produk instan popok bayi mulai dari diapers, pampers, sweety dll yang menawarkan begitu banyak kemudahan dengan harga yang terbilang bisa dijangkau ditambah lagi faktor kesibukan orang tua jaman sekarang (keduanya bekerja), maka pilihan jatuh kepada hal yang praktis yaitu dipakaikan popok bayi.
Melatih anaku agar tidak mengompol mulai terapkan kepada anaku Aby sejak usia 2.5 tahun (memang sudah terlambat sebetulnya) tapi kenapa enggak?? dari pada terlambat!!. Sekarang tiap malam dan pagi aku stel alarm untuk bangun dan menggendongnya ke kamar mandi, Alhamdulillah walaupun dengan mata tertutup tapi dia mau buang air kecil sendiri. Sekarangpun kalau mau buang air kecil dia pasti bilang " Ma, mau pipis?" yah walaupun sebenarnya dia sudah deposite dulu alias sudah kencing sedikit di celana ha ha ha....tapi yang terpenting dia paham akan hasratnya untuk buang air kecil.
Nah, bagaimana dengan Anda. Maukah melakukan Treatment tersebut ditengah kesibukan Anda bekerja?? Pilihan apapun lakukan dan pikirkan yang terbaik untuk anak Anda.

Tidak ada komentar: